8 Jenis Tanaman Herbal Terbaik Untuk Dapur Yang Kaya Manfaat - HealthYunara.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Jenis Tanaman Herbal Terbaik Untuk Dapur Yang Kaya Manfaat

8 Jenis Tanaman Herbal Terbaik Untuk Dapur Yang Kaya Manfaat

Pada artikel ini kita akan membahas Tanaman Herbal Terbaik Untuk Dapur. Area dapur tidak bisa lengkap tanpa berbagai rempah-rempah dan bumbu masak yang disimpan untuk diolah bersama dengan hidangan makanan.

Rempah-rempah merupakan kebutuhan yang sangat penting di saat memasak, dan Anda tidak perlu membelinya jika Anda dapat menanam tumbuhan herbal dan rempah-rempah sendiri.

Anda dapat menanam beberapa jenis tanaman herbal sebagai hobi atau sekadar menghemat uang dengan menanam rempah-rempah di depan jendela, di halaman belakang, atau di dapur.

Tanaman herbal ini bukan hanya sekedar sebagai obat alami, tetapi juga dapat meningkatkan cita rasa makanan Anda.

Jika Anda ingin menanam, jangan hanya menanam jenis tanaman rempah-rempah yang Anda kenal saja, ada beragam tanaman herbal lain yang bisa memiliki manfaat yang cukup banyak selain sebagai penyedap makanan .

Berikut ini adalah 8 Tanaman herbal terbaik untuk dapur


1. Lemon Balm

Mint lemon balm merupakan bagian dari keluarga herbal yang mudah tumbuh dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Selain memiliki aroma jeruk yang khas, lemon balm segar dapat digunakan sebagai obat alami mengurangi nyeri saraf dan otot, serta meminimalkan peradangan dan menghindari infeksi.

Lemon balm dapat membantu meredakan kram pada perut dan perut kembung dengan cara mengkonsumsi daun sari lemon balm.

Anda juga dapat menggunakan daun lemon balm untuk membumbui sayuran untuk mendapatkan aroma khas jeruk yang menenangkan.

Tanaman herbal lemon balm juga sering digunakan untuk membumbui es krim, teh herbal, dan hidangan masakan berbahan dasar ikan.

 

2. Daun mint

Mint hadir dalam berbagai varietas, masing-masing dengan aromanya sendiri yang berbeda,anda bisa membudidayakan tumbuhan mint pada dapur atau di dalam ruangan.

Tanaman ini tumbuh dengan batang dan daun yang harum, menjadikannya tanaman hias dalam ruangan yang sangat menarik. Beragam jenis tumbuhan mint seperti Peppermint, spearmint, dan bentuk lainnya yang dapat anda tanam.

Tikus, semut, dan laba-laba sangat tidak suka dengan aroma tanaman mint, jadi tanaman mint bisa menjadi pencegah hama yang kuat. Teh daun mint dapat digunakan untuk membersihkan hidung tersumbat, meredakan sakit kepala, dan membuat anda lebih relax.

Daun mint juga dapat digunakan untuk membumbui minuman dan makanan penutup.


3. Daun Peterseli dan seledri

Meskipun kedua tanaman ini hampir memiliki bentuk tampilan yang sama, namun peterseli memiliki bentuk daun keriting yang lebih kecil.

Daun peterseli memiliki aroma ringan, maka sering digunakan dalam berbagai hidangan sebagai topping pelengkap pada pizza dan spaghetti.

Sementara seledri memiliki daun besar dengan aroma pahit dan segar yang khas, daun seledri biasanya digunakan sebagai penambah aroma untuk bakso, sup, soto, dan makanan berkuah lainya.


4. Ketumbar

Ketumbar, juga disebut peterseli Cina, tinggi antioksidan, vitamin C, dan berbagai vitamin dan mineral.

Tanaman ini adalah ramuan herbal revitalisasi yang dapat membantu masalah gangguan perut dengan mengurangi peradangan.

Biji ketumbar juga dikenal memiliki efek positif bagi kadar gula darah, meredakan tingkat stress, dan memperbaiki masalah pencernaan. Daun ketumbar memiliki aroma yang kuat dan khas, yang membuat banyak orang ragu untuk memakannya.
Daun ketumbar biasa digunakan untuk membumbui hidangan makanan berkuah seperti sup, kari dan juga tom yam.

Bubuk ketumbar juga bagus untuk hidangan daging, karena bisa menambahkan cita rasa pedas dan hangat pada masakan berbahan dasar ayam dan sayuran.

 

5. Daun Kemangi

daun kemangi lebih sering dikonsumsi sebagai lalapan untuk memberikan rasa yang khas pada hidangan makanan, tanaman herbal ini dikenal karena mempunyai seperti Adas manis dan wangi seperti halnya buah cengkeh.

Kemangi mengandung vitamin A, K, dan C yang baik, serta magnesium, zat besi, kalium, dan kalsium, dan sangat cocok untuk memberikan aroma menyegarkan di dalam hidangan masakan anda.

Kemangi memiliki sifat obat sebagai aroma antirematik, antioksidan, anti-inflamasi. Selain itu daun kemangi juga bisa berfungsi sebagai pengusir hama dan serangga pengganggu.


6. Daun salam

Penggunaan daun salam biasanya sering dijumpai pada jenis makanan seperti rendang, gulai, adn juga semur.

Daun salam yang lebih tua tidak hanya memiliki rasa terbaik, tetapi mereka juga memiliki manfaat kesehatan seperti obat antijamur, anti-cacing, gangguan pencernaan, menyehatkan mata, pencegahan batu ginjal, nyeri, dan meredakan migrain.

Karena tanaman herbal ini tumbuh perlahan tetapi akan membentuk pohon kecil,maka sebaiknya untuk menanam pohon daun salam ini pada perkarangan rumah saja.

 

7. Serai

Tanaman serai atau sereh merupakan rempah atau bumbu yang sangat sering digunakan dalam masakan karena dapat memberikan aroma wangi yang menyegarkan dan juga memberikan cita rasa pada makanan.

Serai memiliki manfaat untuk kesehatan selain sering digunakan pada memasak. Batang nya mengandung antioksidan seperti beta-karoten, yang membantu melawan kanker dan peradangan pada kulit.

Serai memiliki rasa lemon yang cukup kuat dan dapat digunakan sebagai obat herbal rebusan ketika diseduh dalam teh. Serai bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala, nyeri otot, masalah menstruasi, mengobati memar, menghindari diabetes, dan mengobati insomnia.

Serai tumbuh secara berumput, jika Anda ingin menanam tanaman serai ini sebaiknya pada perkarangan rumah Batang serai juga dianggap sebagai mengusir nyamuk dan serangga yang cukup ampuh.

8. Thyme

Thyme adalah tanaman herba yang masi tergolong dalam keluarga mint yang biasa digunakan untuk membumbui hidangan telur, ikan, dan sayuran termasuk sup dan semur.

Thyme adalah bahan populer dalam masakan Mediterania, Italia, dan Prancis. Saus pesto mengandung thyme, yang dapat digunakan sebagai bumbu untuk pasta atau nasi.

Thyme digunakan tidak hanya sebagai bumbu, tetapi juga untuk alasan kesehatan, seperti menyembuhkan jerawat, menurunkan tekanan darah, menghilangkan batuk, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengharumkan ruangan serta mengusir serangga dan juga nyamuk.


Itulah sederet jenis Tanaman Herbal Terbaik untuk Dapur yang bisa anda tanam di pekarangan rumah,indoor atau pada dapur anda.

Selain memiliki manfaat untuk memberikan aroma dan rasa yang khas pada masakan, tanaman herbal dan juga tanaman tempa memiliki segudang manfaat lainya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Post a Comment for "8 Jenis Tanaman Herbal Terbaik Untuk Dapur Yang Kaya Manfaat"