Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tindakan: Boleh Dan Tidak Boleh Apabila Kulit Anda Rentan Tumbuh Jerawat

9 Tindakan: Boleh dan Tidak Boleh Apabila Kulit Anda Rentan Tumbuh Jerawat

9 Tindakan: Boleh dan Tidak Boleh Apabila Kulit Anda Rentan Tumbuh Jerawat - Bagi Anda yang memiliki kulit rentan terhadap tumbuhnya jerawat, mengetahui tindakan-tindakan yang sebaiknya Anda lakukan dan aktivitas apa saja yang sebaiknya dihindari, akan sangat membantu dalam rangka mencegah timbulnya jerawat serta menekan perkembangan tumbuhnya jerawat. Berikut ini, 9 aktivitas tersebut:

Hal Yang Sebaiknya Anda Lakukan Jika Kulit Anda Rentan Tumbuh Jerawat

1. Jaga kebersihan kulit Anda. Setidaknya jangan pernah pergi tidur sebelum Anda membersihkan diri.

2. Minum banyak air.

3. Hapus make up Anda sebelum tidur.

4. Hindari sebanyak mungkin polusi dan kelembaban.

5. Cuci muka dua kali tapi jangan berlebihan. Mencuci berlebihan dapat mengakibatkan kulit kering. Kondisi ini akan memaksa kulit Anda memproduksi minyak secara berlebihan.

6. Meminimalkan gesekan pada pada kulit berjerawat seperti: memakai pakaian longgar, tidak memakai ikat kepala, kurangi pemakaian tas punggung, dan sebagainya.

7. Konsumsi buah-buahan. Sifat antioksidan yang terkandung dalam buah-buahan dapat mempercepat penyembuhan sel yang rusak, mencegah proses penuaan kulit, serta memiliki efek mencegah jerawat. Buah-buahan tersebut antara lain: Pepaya, Mangga, Jeruk, Tomat, dan Alpukat.

8. Menjaga pola makan yang sehat. Pola makan yang sehat membantu Anda dalam upaya pencegahan terhadap jerawat.

9. Istirahat cukup. Tidur yang cukup akan membantu tubuh dalam proses penyembuhan jerawat secara alami. Tubuh Anda memproduksi minyak jauh lebih sedikit ketika Anda tidur.

 

Larangan Jika Kulit Anda Rentan Tumbuh Jerawat

1. Jangan memilin, memencet, atau menusuk jerawat Anda. Selain dapat memperparah kondisi jerawat Anda, tindakan ini juga mengakibatkan bekas jerawat nantinya susah dihilangkan.

2. Jangan mencuci muka terlampau keras dan kasar. Tindakan ini dapat mengakibatkan terjadinya iritasi pada kulit. Cucilah dengan cara lembut dengan pembersih yang ringan.

3. Jangan terlampau sering mencuci kulit. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya minyak yang dibutuhkan oleh kulit sehingga kulit menjadi terlampau kering. Kulit tetap membutuhkan kelembaban sehingga vitalitas kulit tetap terjaga.

Baca Juga: Mengulas 10 Mitos Dan Fakta Seputar Jerawat

4. Jangan terlampau sering memegang, meraba atau menyentuh kulit dengan tangan Anda. Tindakan ini dapat menyebabkan transfer kuman atau bakteri ke kulit yang dapat memperparah kondisi jerawat.

5 Jangan memakai produk-produk perawatan kulit dan rambut, seperti hair conditioner, gel, shaving cream (untuk pria), moisturizer, sunscreen, yang banyak mengandung minyak.

6. Jangan memakai scrub pada area berjerawat. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi dan dapat memperparah jerawat.

7. Jangan memakan makanan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. Makanan yang mengandung kadar gula tinggi, dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Insulin dapat meningkatkan kadar androgen bebas (hormon pria) pada pria dan wanita. Hormon inilah yang dapat memicu produksi sebum berlebihan, sehingga menyebabkan masalah jerawat.

8. Jangan biarkan stres Anda. Stres dapat memicu percepatan pertumbuhan jerawat Anda.   Apabila Anda dilanda stress, kurangi aktivitas yang menimbulkan Anda stress. Olah pernafasan, peregangan otot, refreshing dan olahraga dapat membantu mengurangi stress.

9. Jangan mencoba menghapuskan atau mengobati jerawat yang parah dengan cara Anda sendiri. Konsultasi dengan dokter ahli kulit untuk mendapat metode yang paling tepat dalam menangani masalah jerawat yang Anda alami.

Post a comment for "9 Tindakan: Boleh Dan Tidak Boleh Apabila Kulit Anda Rentan Tumbuh Jerawat"