Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung - Jerawat dapat muncul pada bagian tubuh, termasuk bagian belakang atau punggung. Jerawat yang tumbuh di daerah itu disebut dengan jerawat punggung (back acne). Jerawat ini dapat muncul dalam berbagai bentuk atau jenis, seperti komedo, jerawat, pustula, atau bahkan jenis jerawat yang paling serius yakni kista. 

Ada banyak orang yang menderita jerawat jenis ini. Namun, hanya sebagian dari mereka yang mengetahui bahwa mengobati jerawat ini jauh lebih sulit dibandingkan dengan jerawat pada bagian tubuh lain, seperti wajah, dada, dan leher. Selain sulit dicapai, kulit bagian punggung juga jauh lebih tebal dan kuat dibandingkan dengan wajah atau leher. Kulit punggung juga memiliki ribuan kelenjar yang menghasilkan minyak, yang bisa menimbulkan jerawat. 

Untuk beberapa alasan itulah, siapa saja yang menderita jerawat punggung harus memahami beberapa fakta penyebab jerawat sekaligus bagaimana mencegah dan atau mengatasinya.
 

 

Penyebab Munculnya Jerawat Punggung

Berikut ini adalah beberapa penyebab jerawat di punggung: 

Perubahan hormonal:  Sebagaimana jerawat jenis lain, penyebab tunggal jerawat punggung tidak ada. Namun, para ahli sependapat bahwa penyebabnya mirip atau sama dengan penyebab jerawat wajah. Jerawat punggung terjadi karena kelenjar sebaceous yang terlalu aktif memproduksi sebum atau minyak secara berlebihan. 

Ketika sebum diproduksi berlebihan, folikel rambut dan pori-pori menjadi tersumbat. Penyumbatan oleh sebum itu biasanya juga bercampur dengan sel-sel kulit mati dan berbagai kotoran lain, sehingga menjadi daya tarik bagi bakteri untuk menyerang. Akibatnya, jaringan sekitarnya terjadi peradangan, inilah yang mengakibatkan jerawat. Proses ketika kelenjar sebaceous berfungsi secara agresif biasanya terjadi pada masa pubertas, saat menstruasi, atau menopause pada wanita. 

Bakteri: Jerawat punggung biasanya disebabkan oleh bakteri. Bakteri di kulit dapat memicu ruam, kemerahan dan radang kulit. Enzim yang dikeluarkan oleh bakteri dapat mengubah minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous menjadi zat menjengkelkan menyebabkan timbulnya jerawat.
 

Faktor Eksternal: Paparan senyawa kimia dalam air dan udara tercemar dapat menyebabkan jerawat di punggung. Misalnya, kontak dengan dioxin dapat mengakibatkan chloracne. Obat-obatan tertentu juga dapat memicu jerawat. Terlalu banyak menggunakan steroid, menjaga terjaga sampai larut malam, pola makan yang salah, akumulasi sel-sel kulit mati, mengabaikan jerawat, memakai pakaian yang ketat, tas ransel yang berat, dan faktor genetik dapat menyebabkan jerawat punggung.
 

 

Cara mencegah dan atau  mengatasi jerawat punggung

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah dan mengatasi jerawat punggung:
Pakailah pakaian bersih dan rapi. Pastikan Anda tidak memakai pakaian terlampau ketat dan berbahan kasar karena pakaian tersebut dapat menggesek jerawat Anda sehingga menimbulkan iritasi. Bakteri dan kuman pada pakaian kotor dapat memperburuk jerawat. Oleh karena itu, cucilah pakaian Anda dengan seksama sebelum memakainya. Hati-hati pula ketika memilih jenis deterjen dan pelembut pakaian. Terkadang deterjen dan pelembut kain juga dapat mengiritasi jerawat punggung.

Menjaga kebersihan tubuh. Cobalah untuk mandi minimal dua kali dalam sehari. Menjaga punggung Anda bersih selalu. Selalu gunakan obat atau herbal untuk sabun mandi. Bila Anda berkeringat, pastikan untuk membersihkan bagian itu untuk mengurangi sebum dan bakteri. Jangan menggosok punggung terlampau kasar karena dapat memperburuk kondisi tersebut.

Pola makan sehat: Menjaga pola makan yang sehat untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung. Cobalah untuk mengkonsumsi banyak makanan yang kaya serat dalam makanan. Jauhi rokok, alkohol dan kafein untuk menyingkirkan jerawat. Minum jus lidah buaya, jus rumput gandum, jus lemon dan teh herbal setiap hari untuk mengobati jerawat secara alami. 

Pemakaian obat jerawat: Anda dapat menggunakan obat-obatan bebas seperti benzoil peroksida dan asam salisilat. Ini membantu membersihkan pori-pori. Namun, pastikan bahwa  konsentrasi kandungannya lebih tinggi daripada yang digunakan pada wajah. Untuk kasus jerawat punggung yang parah, obatnya adalah isotretinoin dan accutane. Namun, karena bahan kimia ini sifatnya keras, efek samping akan lebih serius. Pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli kulit sebelum memakai obat-obatan ini.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Jerawat Dan Solusi Pengobatan   

Pengobatan Tambahan: Lakukan olahraga setiap hari untuk memberikan oksigen tambahan untuk pori-pori kulit, sehingga membuat kulit untuk bernafas dan lebih bersinar.

Post a comment for "Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Punggung"