Mencegah, Merawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Mencegah, Merawat, dan Menghilangkan Bekas Jerawat – Para penderita jerawat menghadapi lebih dari satu permasalah yang menjadi perhatian. Permasalahan utama tentu saja ada pada gangguan tetap dari jerawat  itu sendiri. Masalah lain yang muncul adalah kecemasan yang disebabkan oleh bekas jerawat yang mengakibatkan hilangnya keindahan kulit. Alasan akan hal ini adalah kebanyakan orang percaya bahwa jerawat merupakan kondisi sementara, dimana Anda akan terjebak dengan bekas jerawat selama hidup Anda.

Tidak diragukan lagi banyak pengobatan bekas jerawat ada di pasar yang bekerja cukup baik saat ini. Akan tetapi, ada beberapa jenis bekas jerawat yang tidak dapat dihilangkan karena mereka berjalan terlalu dalam. Oleh karenanya, Anda harus memastikan terlebih dahulu bentuk bekas jerawat Anda, jika Anda tidak ingin mengambil beban emosional maupun keuangan terkait dengan bekas jerawat yang sifatnya permanen.

Apa yang akan dibahas di sini adalah berbagai bentuk bekas jerawat yang ada, bagaimana cara memperlakukannya, dan yang tidak kalah pentingnya, bagaimana mencegahnya dengan menanggulangi penyebab-penyebab kondisi internalnya.

 

Jenis-jenis bekas jerawat, penyebab dan diagnosis

Studi menunjukkan bahwa jerawat parah yang berkembang pada lapisan lebih dalam dari dermis, menyebabkan terbentuknya nodul dan kista, inilah penyebab kebanyakan bekas jerawat. Ada juga penyebab lain seperti infeksi, jerawat batu yang bekerja terlampau jauh ke dalam dermis, dan pertumbuhan jaringan kulit yang berlebihan. Memencet jerawat juga dapat menimbulkan bekas-bekas.

Terlihat pula bahwa, tidak peduli apa jenis jerawat telah diidap, beberapa orang lebih rentan mendapatkan bekas luka dari yang lain. Dan kesempatan muncul dimana tubuh sendirilah yang membuat penyembuhan luka menjadi berantakan: apakah dalam proses pembentukan kapiler baru atau pasokan kolagen yang tidak bagus sebagai respons terhadap fase pembengkakan atau anabolik dan katabolik; kesalahan dalam salah satu proses penyembuhan dapat pula menyebabkan jaringan parut.

Apa pun bisa menjadi penyebab, untuk mencegah kemungkinan jaringan parut permanen, mulailah mengobati bekas jerawat Anda sesegera mungkin.

 

Terbentuknya Bekas Jerawat

Proses terbentuknya bekas jerawat dapat digolongkan ke dalam dua jenis yakni: bekas jerawat yang terjadi karena hilangnya jaringan kulit dan bekas jerawat yang terbentuk karena adanya peningkatan pembentukan jaringan kulit.

Pembentukan bekas luka karena peningkatan jaringan kulit

Bekas luka jerawat yang terbentuk karena peningkatan pembentukan jaringan kulit biasanya adalah bekas luka Keloid. Bekas luka Keloid, cenderung menyerang orang berkulit gelap, muncul ketika kolagen diproduksi berlebihan oleh sel selama proses penyembuhan. Bekas luka tersebut cenderung berbentuk tidak teratur dan jelas dan biasanya halus.

Bekas jerawat yang muncul akibat hilangnya jaringan kulit

Bintik-bintik jerawat: perubahan warna kulit menjadi coklat atau merah merupakan ciri bekas jerawat ini. Bintik-bintik jerawat biasanya memudar seiring waktu atau dengan bantuan perawatan bekas jerawat topikal. Sama Halnya dengan post inflammatory hyperpigmentation, yang sering mengikuti jerawat jerawat, akan menghilang secara alami, tetapi untuk mempercepat proses Anda sebaiknya mencoba MSM.

Ice-pick lesion: Bekas jerawat seperti menyerupai es yang dipotong secara berulang dengan pemecah es. Mereka biasanya muncul di pipi. Bekas luka bisa dalam maupun dangkal dan bekas perubahan warnanya lebih sulit untuk disingkirkan.

Depressed fibrotic scarring. Nodul mendalam meninggalkan bekas jerawat tipe ini. Bekas jerawat ini putih, kaku dan ditandai dengan margin tajam dan sisi curam.

Atrophic scar macules: bekas Jerawat jenis ini kecil dan putih dan umumnya lembut dan dapat dilembungkan.

Boxcar scars, ditandai dengan tepi vertikal, lekukan bulat, dan bekas jerawat bergulir. Bekas jerawat ini merupakan hasil dari permukaan kulit terjebak dalam lapisan subcutaneous.
 

 

Bekas Jerawat dan perawatannya

Sebagian besar, bekas jerawat memudar perlahan, seperti halnya post inflammatory hyperpigmentation. Akan tetapi, ada beberapa bekas jerawat yang sulit dihapuskan. Satu-satunya cara untuk memperlancar proses penghilangan bekas adalah melalui pengobatan topikal atau intervensi bedah kosmetik.

Setiap bekas jerawat perlu ditangani secara khusus. Ada juga bekas jerawat yang perlu diobati melalui kombinasi beberapa metode pemberantasan. Perawatan untuk menyingkirkan bekas jerawat yang ada saat ini sangat banyak,  meliputi: pulsed laser technology, dermabrasi, peeling kimia, laser resurfacing, teknik punch, injeksi kolagen dan krim.

Injeksi kolagen adalah metode dimana kolagen atau lemak disuntikkan di bawah kulit. Metode ini terutama cocok untuk bekas luka lembut, baik dangkal maupun dalam. Namun, harus diingat bahwa cara ini adalah solusi jangka pendek dan suntikan ini harus diberikan setiap 6 bulan. Selain itu, suntikan kolagen menghasilkan beberapa efek samping yang tidak menyenangkan dan reaksi alergi juga bisa terjadi.

Mikrodermabrasi adalah perawatan bekas jerawat dimana partikel-partikel kecil melewati alat vakum. Tujuannya adalah untuk mengikis lapisan atas luar dari kulit. Metode ini merangsang dan meningkatkan pertumbuhan sel baru, tetapi hanya efektif dalam kasus-kasus ringan jaringan parut.

Laser resurfacing adalah metode dimana lapisan kulit diratakan dan muncul kembali dengan bantuan laser. Hal ini dilakukan hingga bekas jerawat menjadi lebih sama dengan permukaan kulit oleh karenanya menjadi kurang terlihat. Telah ditemukan bahwa bekas jerawat yang baru terbentuk, merespon lebih baik terhadap perawatan laser daripada bekas jerawat lama. Namun, proses ini dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan seperti infeksi dan kemerahan yang tidak biasa pada kulit. Kadang-kadang, bahkan dapat memperburuk luka.

Punch grafting adalah teknik yang melibatkan mengiris bekas luka jerawat sampai ke lapisan lemak dan kemudian irisan itu dijahit dengan menggunakan cangkok kulit kecil. 

Berbagai jenis bekas jerawat harus diperlakukan berbeda.Berikut beberapa metode yang direkomendasikan sehubungan dengan adanya berbagai jenis bekas jerawat: Alpha lipoic acid krim jerawat dan MSM sangat baik untuk digunakan pada tanda post hyperpigmentation. 

Laser resurfacing atau dermabrasi merupakan perawatan yang direkomendasikan untuk jenis bekas jerawat Ice-pick lesions. Suntikan kolagen yang hanya boleh digunakan pada bekas luka rata atau tipis. Bekas luka jerawat Keloid dapat dihaluskan dengan suntikan steroid, cryotherapy, silicone gel dressing  dan perawatan pulsed laser yang dikombinasikan dengan laser penguapan karbon dioksida (di mana tidak ada ketebalan terlalu banyak atau terlalu banyak kemerahan pada bekas luka keloid).

Baca Juga: Mengatasi Bekas Jerawat Dengan Metode Laser Skin Resurfacing
 

 

Pencegahan Bekas Jerawat

Sebagai analisis akhir, cara termurah dan terbaik untuk keluar dari gangguan yang berhubungan dengan bekas jerawat adalah dengan membersihkan diri Anda dari kondisi yang menimbulkan jerawat. Dan satu-satunya cara pasti dan permanen dalam menyembuhkan jerawat Anda adalah dengan menerapkan metode yang akan memperbaiki kelemahan penyebab internal dari jerawat Anda. Obat konvensional, topikal atau perawatan terlampau berlebihan terhadap jerawat atau steroid benar-benar tidak membantu.

Apabila Anda mampu memperbaiki akar mendalam dari faktor-faktor internal yang menjadi penyebab pembentukan jerawat Anda, Anda secara otomatis akan bebas dari jaringan parut jerawat dan juga bebas dari biaya tidak pernah berakhir yang Anda keluarkan dalam pengobatan menghilangkan bekas jerawat.

Anda juga harus memahami bahwa meskipun jerawat berkembang pada permukaan kulit, seperti halnya bekas luka yang muncul sebagai akibat dari jerawat, jerawat bukan masalah kulit. Jerawat terbentuk karena kelemahan dalam keseimbangan internal dalam tubuh Anda. Jerawat maupun bekas jerawat disebabkan oleh masalah yang seluruhnya bersifat internal. 

Anda sendiri dapat menyingkirkan bekas jerawat dan melakukannya bahkan sebelum mereka terbentuk dengan cara mencari akar mendalam dari masalah yang ada dalam diri Anda. Dengan cara ini Anda akan menghentikan proses pembentukan jerawat dan dapat menjalani hidup Anda bebas dari jerawat dan akibatnya, termasuk bekas jerawat.

Post a Comment

Previous Post Next Post