Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Jerawat

10 Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya JerawatKebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Jerawat

Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Jerawat - Jerawat adalah masalah cukup rumit sehingga memerlukan banyak upaya untuk menyingkirkannya. Sudah berkonsultasi dengan dokter kulit, menggunakan obat mahal, dan berbagai upaya lainnya, namun Anda tetap saja terjangkiti jerawat dan atau bahkan justeru semakin parah? Bisa jadi kebiasaan Anda lah yang menjadi pemicu utama munculnya jerawat. 

Mengetahui kebiasaan Anda selama ini yang bisa menjadi penyebab jerawat merupakan langkah preventif terbaik guna menghindari kondisi jerawat yang makin parah. 

Berikut 10 kebiasaan buruk yang bisa menjadi pemicu utama munculnya masalah jerawat

 

1. Mencuci Secara Berlebihan

Penyebab jerawat bukan hanya disebabkan oleh kotoran. Mencuci secara teratur tentu saja sangat penting, tetapi apabila dilakukan terlampau sering pada kulit Anda, justru memperparah jerawat sebagai akibat kondisi kulit yang kering. Kondisi ini memaksa kulit Anda memproduksi minyak secara berlebihan. 

Kulit berjerawat lebih sensitif serta rawan dan karenanya tidak boleh disentuh terlalu banyak. Mencuci terlalu banyak dengan sabun atau scrub yang mengandung bahan kimia tajam seperti alkohol benar-benar akan memperburuk masalah. Perhatikan pula suhu air saat Anda membasuh kulit karena apabila panasnya terlalu tinggi, dapat mengeringkan sel-sel kulit. Atas dasar inilah mengapa Anda harus menghindari mandi air panas terlalu lama. 

Kebiasaan buruk mencuci secara berlebihan bisa diubah dengan cara sebagai berikut: Sebelum membasuh kulit, pastikan tangan Anda dicuci bersih. Basuh kulit Anda dengan sabun yang lembut dan air hangat, cukup sekali atau dua kali sehari. Lalu, keringkan wajah yang sudah bersih dengan menepuk-nepuknya dengan handuk yang kering dan lembut, bukan dengan cara menggosoknya.
 

2.  Tidak rajin membasuh muka

Aktivitas fisik memanaskan tubuh, menyebabkan keringat bercampur dengan minyak di permukaan kulit.  Debu, kotoran dan bakteri  sering pula melekat pada kulit tubuh sehabis beraktivitas seringkali bisa menjadi penyebab jerawat. Bercampurnya keringat, minyak kulit, debu, dan kotoran pada kulit dapat menyumbat pori-pori kulit, yang pada akhirnya bisa menimbulkan jerawat. 

Untuk menghindari semakin parahnya jerawat, segera basuh wajah Anda sehabis berolahraga ataupun aktivitas lain yang membuat Anda berkeringat. Apabila Anda tidak bisa mencuci muka, keringkan wajah dengan handuk, lalu segera berganti pakaian. Mengenakan pakaian basah akibat keringat, terlebih lagi ketat, akan  membuat dada, punggung, dan bagian lain dari tubuh Anda mudah ditumbuhi jerawat.
 

3. Terlampau banyak menyentuh atau meraba-raba bagian berjerawat

Kebiasaan terlampau banyak menyentuh atau meraba-raba bagian berjerawat dapat memperparah kondisi jerawat. Kebiasaan ini menjadi salah satu penyebab jerawat semakin parah karena seringkali Anda lakukan secara tidak sadar, contohnya: Anda seringkali mengusap, mencubit, dan menggosok bagian berjerawat ketika Anda bercermin; Anda kerap mengusap keringat di wajah dengan tangan atau menggosok hidung; Anda menyentuh bagian berjerawat sehabis memegang uang atau alat olah raga, dan kebiasaan menyentuh lainnya dengan kondisi tangan masih kotor. 

Kebiasaan tersebut mendorong tumbuhnya bakteri dan menyebabkan infeksi. Memencet jerawat bisa membuat bakteri pada jerawat masuk semakin dalam ke jaringan kulit, sehingga menimbulkan peradangan dan bekas luka permanen. Oleh karenanya usahakan untuk tidak memegang-megang jerawat yang mulai tumbuh dan pastikan pula kondisi tangan Anda dalam keadaan bersih ketika menyentuh daerah berjerawat.
 

4. Memencet atau menusuk jerawat agar keluar

Banyak penderita jerawat melakukan kebiasaan buruk dalam menangani komedo dan jerawat dengan cara memencetnya atau menusuknya agar keluar. Anda harus benar-benar berpikir hati-hati jika ingin memencet jerawat keluar atau menusuk bagian jerawat, karena hal ini merupakan salah satu penyebab jerawat dan bisa membuat kondisi jerawat lebih buruk. 

Bila Anda melakukannya, bakteri akan menyebar sehingga memicu pembentukan jerawat lebih banyak di masa depan. Selain itu, Anda akan mendapatkan masalah jerawat yang sifatnya jangka panjang, yakni risiko berkembangnya jaringan bekas luka yang sangat sulit dihapus.
 

5. Memakai krim jerawat terlalu banyak

Pemakaian krim jerawat terlalu banyak menjadi penyebab jerawat tumbuh makin banyak. Untuk mendapatkan hasil yang cepat, banyak orang memakai krim jerawat secara berlebihan. Perlu Anda ketahui bahwa krim jerawat mengandung bahan atau komponen kimia keras, serta sangat tidak kondusif untuk keperluan perawatan kulit. 

Anda tidak akan mendapatkan hasil lebih cepat dengan meningkatkan jumlah pemakaian krim jerawat. Pemakaian berlebihan krim jerawat akan membuat kulit menjadi kering atau memicu efek samping lainnya yang pada akhirnya memperparah kondisi jerawat Anda.

Baca Juga: 9 Tindakan: Boleh Dan Tidak Boleh Apabila Kulit Anda Rentan Tumbuh Jerawat
 

6. Membuat wajah terlalu kering

Terlalu sering menggunakan kertas minyak atau membersihkan wajah dengan busa sabun bisa menjadi penyebab jerawat karena akan mengurangi kelembaban kulit wajah secara berlebihan. Bagi sebagian orang kebiasan ini mungkin tampak sebagai ide bagus. 

Namun, kebiasaan itu justeru membuat kulit berminyak menjadi terlampau kering. Kondisi kulit yang terlampau kering akan memaksa kulit bekerja ekstra untuk memproduksi minyak lebih banyak. Faktanya, pemakaian pembersih berbahan keras, busa sabun, atau toner berbahan alkohol, justru akan membuat kulit cenderung berisiko terkena iritasi.
 

7. Kebiasaan make up atau pemakaian produk perawatan kulit yang salah

Ada kebiasaan make up atau pemakaian produk perawatan kulit yang salah sehingga memicu tumbuhnya jerawat. Ada dua kebiasaan berhias  yang menjadi penyebab jerawat adalah: 

Pertama, memakai make-up saat berolahraga. Kebanyakan perempuan baru membersihkan wajah setelah berolahraga. Padahal, sebelum berolahraga sebaiknya wajah sudah harus dalam keadaan bersih sehingga ketika keringat mengucur, debu atau sisa make-up tidak menempel pada wajah. 

Kedua, menggunakan riasan dengan bahan pemicu iritasi dan kandungan minyak yang tinggi. Perlu Anda ketahui bahan utama dari riasan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kulit. Beberapa bahan diketahui sangat mudah memicu iritasi dan jerawat. Berikut ini beberapa bahan dalam kosmetik yang mudah memicu tumbuhnya jerawat: 

- Pewarna artifisial : Lihatlah dalam kemasan, jika terdapat tulisan FD&C tandanya kosmetik tersebut mengandung pewarna artifisial. 

- Lanolin : Pada dasarnya ini merupakan sebutan lain dari sebum atau minyak. Formula ini diperuntukkan bagi kulit kering dan kurang tepat jika digunakan pada jenis kulit berjerawat. 

- Isopropyl Myristate: Bahan ini memang bisa membuat kulit tak terlalu berminyak. Tetapi, juga menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi kulit.
Apabila Anda menderita jerawat, usahakan untuk menghindari pemakaian kosmetik yang memiliki kandungan berbagai bahan tersebut. 

Produk-produk perawatan kulit dan rambut, seperti hair conditioner, gel, shaving cream (untuk pria), moisturizer, sunscreen, banyak mengandung minyak bisa menjadi penyebab jerawat karena dapat menyumbat pori-pori. 

Usahakan mengganti produk-produk itu dengan produk perawatan kulit yang tidak akan menyumbat pori; biasanya pada label kemasan tertulis oil-free dan/atau noncomedogenic. Bagi sebagian orang, produk-produk yang disebut “dermatologist tested” (telah diuji oleh pakar dermatologi) pun bisa menyebabkan jerawat. Oleh karenanya, pastikan terlebih dahulu apakah produk-produk tersebut memang Anda membutuhkannya.
 

8. Membiarkan stres berlanjut

Anda mungkin pernah mendengar bahwa stres ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan kulit. Stres bisa menjadi penyebab jerawat, sebab ketika Anda stres, tubuh memproduksi hormon stres (kortisol) yang akan merangsang produksi minyak berlebih dari kelenjar sebum di dalam kulit. Kalau kelebihan minyak ini bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri, jerawat bisa bertambah besar atau bertambah parah. Maka tidak mengherankan jika Anda dalam kondisi stres, jerawat akan tumbuh dalam jumlah yang jauh lebih banyak. 

Sekiranya Anda menderita stres berkepanjangan, cobalah untuk beristirahat sejenak dari rutinitas yang membuat Anda stres. Anda bisa melakukan kegiatan ringan seperti latihan peregangan dan pernafasan untuk mengurangi ketegangan dan stres. Kegiatan olahraga teratur dan refreshing, juga ampuh mengatasi kegelisahan dan mengurangi stres.
 

9.  Istirahat atau tidur yang kurang

Kebiasaan jelek yang menjadi penyebab jerawat adalah tidak mendapatkan cukup tidur pada malam hari. Tidur yang cukup akan membantu tubuh dalam proses penyembuhan jerawat secara alami. Tubuh Anda memproduksi minyak jauh lebih sedikit ketika Anda tidur. Orang yang tidak mendapatkan cukup tidur cenderung lebih stres dan lelah. Oleh karenanya, Anda perlu tidur secara teratur untuk menyeimbangkan kondisi kimia dalam tubuh Anda.
 

10. Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab jerawat. Memang sudah cukup jelas bahwa merokok memiliki efek buruk bagi kesehatan, akan tetapi ketika berhadapan dengan persoalan jerawat, bahan kimia beracun dari rokok ternyata juga dapat menyumbat pori-pori. Merokok dapat menyempitkan aliran darah ke sel-sel kulit yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah keriput dan penuaan dini. 

 

Berbagai kebiasaan buruk di atas mungkin bisa menjadi masukkan terutama apabila sekarang ini, Anda sedang berusaha menghilangkan jerawat. Kebanyakan jerawat ringan bisa diatasi dengan perawatan kulit dan tubuh yang sederhana. Apabila apa yang Anda lakukan belum menunjukkan hasil maksimal, kemungkinan ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebabnya seperti: perubahan hormonal, konsumsi obat-obatan tertentu, alergi makanan atau kosmetik, dan faktor genetik. 

Pastikan pula bahwa Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapat nasihat terbaik tentang bagaimana menyingkirkan jerawat. Dokter kulit akan mengarahkan Anda ke arah yang benar, selain memberikan akses kepada Anda tentang obat yang tepat guna membantu menghilangkan komedo dan jerawat yang Anda alami. Semoga informasi mengenai kebiasan buruk yang bisa menjadi penyebab jerawat bermanfaat buat anda.

Post a comment for " 10 Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Jerawat"