Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Penderita Cacar Air Boleh Mandi? Mitos Atau Fakta

Apakah Penderita Cacar Air Boleh Mandi? Mitos Atau Fakta

Apakah Penderita Cacar Air boleh Mandi? - Penyakit infeksi kulit cacar air timbul disebabkan oleh serangan virus varicella zoster.

Jenis penyakit cacar air ini bisa menyerang orang dengan kondisi daya tahan tubuh yang lemah dan tidak menutup kemungkinan orang dewasa dan juga anak-anak bisa terkena cacar air..

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penularan cacar air antara lain adalah:

  • bersin
  • BatukDemam
  • Sentuhan langsung dengan cairan dalam lepuhan cacar air
  • Sentuhan langsung dengan penderita cacar air

Apabila salah satu anggota keluarga memiliki tanda dan gejala seperti kondisi tubuh terasa lemas, nafsu makan berkurang, demam dengan suhu rendah dan disertai gatal - gatal pada bagian tubuh berlangsung 10 sampai 20 hari, bisa dipastikan bahwa orang tersebut mengalami gejala dari penyakit cacar air. 

Gejala dari cacar air juga bisa dilihat dengan munculnya ruam atau bintik merah berisi cairan yang bisa di jumpai di sekitar dada, punggung, perut bahkan wajah.

Karena cacar air memiliki bentuk berupa lepuhan yang berisi cairan, maka banyak orang yang berasumsi jika penderita cacar air tidak boleh mandi

Karena apabila penderita cacar air mandi, maka lepuan dari cacar air tidak bisa sembuh dan mengering, malah akan semakin meluas ke seluruh bagian tubuh lainya.

Apakah penderita cacar air boleh mandi? Mitos atau fakta

Untuk meluruskan anggapan tersebut , Dr. dr. Umar Zein, DTM&H., Sp.PD., KPTI., FINASIM dan dr. Emir El Newi, Sp.M, dalam buku mereka berjudul Ilmu Kesehatan: Memahami Gejala, Tanda, dan Mitos (2019), memberikan jawaban sebenarnya untuk penderita cacar air tetaplah boleh untuk mandi.

Jadi merupakan mitos jika penderita cacar air tidak oleh mandi. Dan mitos tersebut cukup menekan hingga sekarang pada masyarakat indonesia.

Selain penyakit cacar air , terdapat juga anggapan jika penderita penyakit campak juga tidak diperbolehkan untuk mandi, jelas ini merupakan mitos.

Tentunya hal ini cukup bertolak belakang dengan prinsip kesehatan dan medis yang harus mewajibkan untuk menjaga kebersihan dan menganjurkan mandi lebih sering bagi penderita cacar air.

Tujuan mandi dan menjaga kebersihan sudah pasti agar mencegah meluasnya penyakit cacar air, selain itu tetap didukung dengan obat-obatan tertentu agar cacar air akan lebih cepat sembuh.

 

Penderita Cacar Air Boleh Mandi Tetapi Dengan Beberapa Ketentuan

Dikutip dari The Health Site, Dr Pradip Shah, Dokter Konsultan di Rumah Sakit Fortis, Mulund, India, menjelaskan secara medis,Tidak ada larangan untuk tidak mandi bagi para penderita cacar air. Tentunya menjaga kebersihan dengan cara mandi akan mempercepat penyembuhan penyakit cacar air.

Namun bagi penderita cacar air tidak bisa mandi dengan sembarangan, tetap ada cara dan ketentuannya. Hal ini agar meminimalisir kondisi cacar air yang akan semakin meluas ke area tubuh lainnya.

Berikut ini ada 4 hal dan cara mandi yang tepat bagi penderita cacar air

1. Mandi air hangat

Apabila penderita cacar air ingin mandi, maka sebaiknya menggunakan air yang hangat. Mandi dengan air hangat juga bisa mengurangi rasa gatal pada tubuh yang disebabkan oleh cacar air.

2. Memakai sabun khusus

Untuk penggunaan sabun, sebaiknya jangan menggunakan sabun yang digunakan dalam kondisi normal. Ini akan membuat rasa perih pada lenting caca air yang sudah pecah.

Untuk solusinya, sebaiknya penderita cacar air menggunakan sabun yang memiliki bahan yang lembut dan tidak terlalu banyak busa di saat mandi.

3. Hindari menggosok kulit

Di saat mandi jangan terlalu menggosok bagian tubuh terlalu kuat, ini bisa menyebabkan lenting cacar air menjadi pecah. Maka sebaiknya penderita cacar air melakukannya dengan lebih hati-hati.

4. Biarkan tubuh mengering secara alami

Setelah selesai mandi, sebaiknya penderita cacar ain mengeringkan tubuh secara alami saja. Jika menggosokan handuk pada tubuh bisa memuat cairan pada lenting cacar air keluar dan menyebabkan infeksi semakin menyebar.

Cukup tempelkan saja handuk dengan bahan kain yang ebut untuk proses pengeringan tubuh dari air setelah mandi.

Baca Juga: Cara Mengobati Cacar Air Dengan Obat Alami Tradisonal

Sebagai catatan: jangan menggunakan handuk bekas penderita cacar air, ini bisa berpotensi menyebabkan infeksi cacar air ke anggota keluarga atau orang lain.

Demikianlah informasi yang bias HealthYunara berikan mengenai “Apakah Penderita Cacar Air boleh Mandi?”. Tentunya jawaban nya penderita cacar air boleh mandi, namun dengan catatan sesuai dengan 4 cara yang telah dijelaskan diatas tadi ya.

Post a comment for "Apakah Penderita Cacar Air Boleh Mandi? Mitos Atau Fakta"