Cara Menghitung Kemiringan Tangga Pada Rumah Dan Gedung

Cara menghitung kemiringan tangga untuk hasil yang ideal? Dalam dunia konstruksi, tangga sering ditemukan baik di rumah minimalis, rumah berukuran besar maupun gedung bertingkat ataupun ruko.

Selain itu tangga juga digunakan pada bagunan perkantoran, apartemen dan juga bangunan ruko bertingkat.

Dalam membuat tangga dibutuhkan perhitungan kemiringan yang cocok, tentunya tetap perlu untuk menerapkan sebuah rumus kemiringan tangga dalam proses pembuatanya.

Kita dapat memastikan kemiringan tangga dengan rumus simple ialah menyamakan panjang tangga dengan ruangan yang diperlukan buat tangga.

Ukuran serta lebar tangga, lantai dasar serta lantai atas juga harus dilakukan pengukuran dan perhitungan dengan rumus tertentu.

 

Komponen- komponen pendukung untuk membuat tangga yang baik

Pembangunan tangga memerlukan rumusan dasar. Tujuannya supaya tangga tersebut dapat Kamu pakai secara semestinya, baik dari segi kenyamanan ataupun keamanan. Setiap komponen tangga wajib mempunyai dimensi yang cocok serta dapat memenuhi satu sama lain. Berikut ini adalah beberapa komponen penting untuk membuat tangga yang ideal 

1. Desain Tangga

Terdapat begitu banyak desain tangga yang dapat Kamu seleksi. Namun apabila kamu memliki bangunan rumah dan ruang yang sangat terbatas, lebih baik untuk membuat tangga bertipe L daripada jenis U.

Ini sebab tangga berjenis U memerlukan zona yang lebih luas, dengan lebar yang ukurannya wajib minimum 1, 5 m. Sedangkan untuk desain tangga jenis L, Kamu cuma butuh mempersiapkan zona dengan dimensi lebar 60- 70 centimeter saja.  

2. Jarak Datar Anak Tangga 

Jarak datar anak tangga berperan buat pijakan kaki. Untuk dimensi jarak datar anak tangga ini merupakan 25- 30 centimeter. Dimensi ini cocok dengan dimensi kaki orang berusia dewasa. Meski begitu, Kamu senantiasa direkomendasikan buat memasang dimensi 30 centimeter pada pijakan anak tangga demi alasan kenyamanan serta keamanan.

3. Dimensi Anak Tangga 

Sering juga disebut dengan trap, anak tangga idealnya mempunyai dimensi 15- 20 centimeter. Tidak dianjurkan buat memasang trap dengan dimensi lebih 20 centimeter sebab dapat membuat kaki kamu akan lebih cepat terasa lelah saat menaiki anak tangga.

4. Sudut Kemiringan Tangga

Buat kemiringan tangga, idealnya dimensi sudut yang direkomendasikan merupakan di dasar 45 derajat. Seperti itu mengapa Kamu butuh mengenali metode menghitung kemiringan tangga supaya nantinya tangga tidak sangat curam. Desain tangga yang curam tentunya sangat tidak sedap dipandang dan juga bisa membahayakan pengguna nya.

 

Rumus untuk cara menghitung kemiringan tangga 

Kemudian, gimana metode menghitung kemiringan tangga? Kamu dapat mengetahuinya dengan menyamakan panjang tangga( ruang yang diperlukan buat tangga) dengan besar tangga( lantai dasar serta lantai atas). Perbandingan tersebut dapat dituangkan dalam rumus berikut: Z= y/ x. Z merupakan koefisien kemiringan tangga, Y ialah besar tangga( centimeter), serta X merujuk pada panjang tangga( centimeter).

Buat membangun tangga dengan sudut kemiringan sempurna, ialah 45 derajat, yakinkan besar tangga( y) tidak lebih besar dari panjang tangga( x). Nilai y pula hendaknya tidak sama dengan x sebab dapat menciptakan tangga yang sangat landai. Perihal ini dapat memunculkan ketidaknyamanan.

Koefisien kemiringan tangga

Koefisien kemiringan tangga (z) adalah 1. Artinya, y = x yang membentuk kemiringan 45 derajat. Maka dari itu, pembagian koefisien kemiringan tangga adalah sebagai berikut:

  • Lantai miring 75-90 derajat = koefisien kemiringan >3,7
  • Lantai miring 45-75 derajat = koefisien kemiringan 0,44-1,0
  • Lantai miring 24-45 derajat = koefisien kemiringan 0,36-0,44
  • Lantai miring 6-20 derajat = koefisien kemiringan 0,1-0,36

 

Contoh menghitung kemiringan tangga

Supaya Kamu lebih mengerti metode menghitung kemiringan tangga, berikut contoh penghitungan sudut kemiringan tangga.

Sebagai contoh, jika Kamu hendak membangun tangga di dalam rumah, dengan dimensi panjang tangga 5 m serta besar 3, 5 m. Hingga, metode menghitung koefisien kemiringan tangga yang pas yakni:

X = 5 meter = 500 cm

Y = 3,5 meter = 350 cm

Ditanya:

Z sebagai kemiringan tangga? 

Jawab:
Z = y/x = 350/500 = 0,6. Maka, kemiringan tangga termasuk dalam sudut 45-75 derajat. 

Demikianlah cara menghitung kemiringan tangga yang tepat dan juga ideal. Semoga bisa membantu Anda dalam membangun tangga pada rumah ataupun bangunan lainya dengan ukuran tepat.

Post a Comment

Previous Post Next Post